Lanjut ke konten

Warga Peninggiran Miliki Pasar Kalangan

24 November 2011

TAMPAK pembangunan pasar kalangan yang masih dalam pengerjaan. (foto diabadikan akhir Oktober 2011)

KEHADIRAN pasar kalangan (pasar sepekan) bagi masyarakat pedesaan sangat membantu mereka agar dapat lebih meningkatkan perekonomian. Karena itu, wilayah pedesaan yang masih cukup jauh dari pusat keramaian kota kabupaten, umumnya masih banyak terdapat pasar kalangan.

Seperti wilayah Kecamatan Tiga Dihaji, bila selama ini pasar kalangan hanya terdapat di Desa Kotabumi, Karang Pendeta dan Muara Kual Kuripan I, dalam waktu dekat akan bertambah satu lokasi pasar kalangan lagi yang telah selesai dibangun pemerintah kabupaten (Pemkab) OKU Selatan. Pasar kalangan yang baru tersebut berada di Desa Peninggiran, Kecamatan Tiga Dihaji.

Dengan dibangunnya pasar kalangan tersebut, warga Peninggiran terlihat cukup senang. Bila selama ini untuk berbelanja barang-barang kebutuhan rumah tangga harus jauh-jauh pergi ke pasar kalangan yang ada di desa tetangga, tidak lama lagi desa mereka justru akan menjadi ramai dikunjungi masyarakat yang akan pergi ke pasar kalangan.

‘’Kami senang sekali pemerintah telah membangun kalangan di desa kami, sehingga kami tidak lagi harus pergi kalangan ke desa lain seperti selama ini,’’ ungkap Wawan, warga Peninggiran yang sempat dibincangi.

Menurut Wawan, sebelum dibangunnya pasar kalangan tersebut, bila akan membeli perabot serta barang kebutuhan rumah tangga mereka harus pergi ke pasar kalangan Muara Kual. Bahkan, bila kebutuhan rumah tangga yang akan dibeli cukup banyak terpaksa mereka harus keluar ongkos dengan bepergian ke kota Muaradua, sebagai pusat kota Kabupaten OKU Selatan.

‘’Dengan adanya kalangan ini kami berharap perekonomian masyarakat di desa kami dapat meningkat,’’ harapnya.

Kepala Desa (Kades) Peninggiran, Syamsuri mengatakan, pembangunan pasar kalangan dilaksanakan sejak Mei 2011. Pembangunan pasar ini dilaksanakan karena banyaknya permintaan masyarakat. Dari banyak keinginan masyarakat untuk memiliki pasar kalangan sendiri, pihak pemerintahan desa lalu mengusulkan pembangunannya ke Bupati OKU Selatan.

‘’Usulan kami mungkin dipertimbangkan oleh Pemkab OKU Selatan sehingga pasar kalangan langsung dibangun,’’ ujarnya seraya menambahkan pengerjaan proyek pasar kalangan itu dilakukan oleh CV Gerak Alam Group, dengan sumber dana dari APBD 2011 Pemkab OKU Selatan.

Sementara itu, Camat Tiga Dihaji, Abunudin mengatakan, pasar tradisional tersebut merupakan kebutuhan dari masyarakat, karenanya masyarakat desa setempat sangat mendukung adanya pembangunannya. Selain itu diharapkan dengan adanya pasar tersebut akan meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari desa maupun pemerintah daerah tersebut.(*)

Penulis: Syamsul Fikri (085273231111)

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: