Lanjut ke konten

Wapres Boediono Tutup SEA Games XXVI

23 November 2011
  • Diwarnai Pesta Kembang Api
  • SEA Games XXVII Diselenggarkan di Myanmar

PESTAolahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games XXVI, resmi

KEMBANG api semarakkan penutupan SEA Games XXVI

ditutup Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Boediono, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/11) malam. Sebagaimana acara pembukaan, malam penutupan juga berlangsung spektakuler dengan dimeriahkan oleh pesta kembang api, tari-tarian, dan penampilan sejumlah artis papan atas ibu kota.

Pada SEA Games kali ini, Indonesia berhasil meraih prestasi sebagai juara umum. Kembang api menghiasi langit Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

TARI-tarian juga sempat memeriahkan penutupan SEA Games XXVI.

yang menjadi pusat penutupan SEA Games 2011. SEA Games XXVII tahun 2013 akan diselenggarkan di Myanmar. Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali 182 emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Raihan itu terpaut jauh dengan peringkat kedua Thailand. Negeri “Gajah Putih” ini mengoleksi 109 emas, 100 perak, dan 120 perunggu. Prestasi luar biasa yang ditorehkan atlet Indonesia di SEA Games XXVI mendapat apresiasi besar dari Presiden Susilo BambangYudhoyono (SBY).

Presiden meyakini prestasi atlet Indonesia yang mentereng di SEA Games kali ini tidak bisa dilepaskan dari perjuangan dan latihan keras mereka selama bertahun-tahun. “Sekarang medali (emas) sudah 182. Semuanya boleh tepuk tangan. ‘’Itu medali yang lebih dari 100 bukan turun dari langit. Itu karena berlatih,” papar Presiden SBY di kediamannya, Puri Cikeas, kemarin.

Prestasi sebagai juara umum ini adalah yang terbaik bagi Indonesia dalam 14 tahun terakhir. Sejak menobatkan diri sebagai juara umum pada 1997, prestasi Indonesia memang kurang memuaskan. Pada SEA Games XXIV di Thailand, Indonesia bahkan hanya duduk di peringkat keempat. “Sebelum SEA Games digelar komentarnya luar biasa, tidak siaplah, pasti gagal, tidak serius, mundur saja empat bulan. Saya katakan jangan dilawan dengan kata-kata, buktikan nanti kita bisa,” tandas Presiden.

Pujian serupa juga disampaikan Wapres Boediono ketika menutup SEA Games XXVI tadi malam. “Khusus kepada kontingen Indonesia selamat atas juara umum. Kita semua sangat bangga kepada Anda semua. Kemudian, kepada masyarakat Sumsel dan Jakarta, saya ucapkan terima kasih telah memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah pesta olahraga ini,” ujar Boediono.

Upacara penutupan yang dimulai pukul 19.10 WIB tadi malam tidak kalah megah dengan upacara pembukaan. Aksi pertama yang memukau penonton adalah pertunjukan kembang api selama kurang lebih dua menit untuk mengawali rangkaian acara. Meski diguyur hujan 30 menit sejak acara dimulai, tetap tidak mengurangi kemeriahan upacara penutupan tadi malam.

Dalam laporan Ketua Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) Rita Subowo, SEA Games yang telah berakhir akan selalu diingat masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara. Dia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan seluruh masyarakat kepada Inasoc dan event SEA Games itu sendiri. “Terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin atas kreasinya merealisasikan Jakabaring Sport City (JSC). Kompleks olahraga ini begitu mengagumkan. Harapan kami ke depan JSC bisa menjadi pusat pembinaan olahraga di Indonesia,” ujar Rita.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menyatakan rasa syukurnya bahwa SEA Games XXVI telah selesai dan berjalan sukses. “Kami telah berupaya menjamu para tamu negara dengan sebaikbaiknya. Akan tetapi, tentu terdapat banyak kekurangan yang membuat terganggunya kenyamanan baik untuk atlet, ofisial, tamu undangan, penonton, hingga jurnalis yang meliput eventini. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, kami mohon maaf atas berbagai kekurangan yang ada,” tutur Menpora.

Wakil Presdien (Wapres) RI, Boediono, take off dari Jakarta menuju Palembang pukul 17.00 menggunakan pesawat khusus British Aerospace tipe RJ-85, dan mendarat di Bandara SMB II pukul 18.00 kemarin. Usai penutupan SEA Games XXVI di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang sekitar pukul pukul 22.00, orang nomor dua di negeri ini langsung bertolak kembali ke Jakarta.

Begitu mendarat di Bandara SMB II Palembang, Wapres disambut di terminal kedatangan VIP oleh Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH, unsur Forum Komunikasi Pejabat Daerah (FKPD). Usai istirahat sejenak, Boediono serta rombongan langsung menuju Stadion Gelora Jakabaring yang menjadi tempat acara closing ceremony SEA Games XXVI, 2011.

Beberapa jam sebelumnya atau pukul 11.00, Ketua MPR RI Taufik Kiemas bersama istri yang sekaligus mantan Presiden RI Hj Megawati Soekarno Putri dengan pesawat carter juga tiba di Palembang. Kehadiran dua tokoh nasional ini disambut Gubernur
Sumsel Ir H Alex Noerdin SH untuk menyaksikan secara langsung penutupan SEA Games XXVI di Stadion Gelora Jakabaring.

Pesawat jenis jet No M-AES pukul 11.00 mendarat di apron pesawat depan Gedung VIP Bandara SMB II Palembang. Begitu keluar dari pesawat, Alex Noerdin sudah berada di depan tangga pesawat serta menyambutnya dengan berjabat tangan. Taufik Kiemas dan Megawati langsung naik mobil Alphard yang disiapkan warna hitam dan putih.

Hadir di acara penyambutan itu, Walikota Palembang, H Eddy Santana Putra, Wakil Walikota Palembang H Romi Herton, Ketua Umum KONI Sumsel Mudai Madang, dan pejabat Pemkot Palembang lainnya. Taufik Kiemas dan Megawati langsung menuju kawasan Jakabaring Sport City (JSC) dan meninjau wisma atlet sebelum istirahat untuk menhadiri upacara penutupan SEA Games.(*)

Penulis: Syamsul Fikri (085273231111)

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: