Lanjut ke konten

Oknum Bidan Desa Masih Banyak Nakal

21 November 2011

** Tinggalkan Tugas Pada Hari Kerja

HA Ismail MO SSos SKM MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan

BIDAN desa merupakan tenaga medis yang berhubungan langsung dengan masyarakat di pedesaan. Karena itu, kehadiran bidan tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan. Namun, bagaimana bila seorang bidan yang telah mendapat tugas untuk mengabdi di salah satu desa justru sering meninggalkan tempat dan tidak berada di tempat?

Hal ini tentu akan banyak menyebabkan keluhan dari warga desa, terutama yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Menyikapi prilaku nakal oknum bidan ini, warga terpaksa harus pergi ke desa tetangga bahkan hingga ke Puskesmas yang ada di kecamatan demi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, H Ismail MO SSos Skm MKes melalui Sekretaris H Arson Abadi Skm MSi, mengakui kalau pihaknya sering menerima laporan masyarakat terkait keberadaan bidan yang tidak berada di tempat pada hari-hari dinas. Bahkan, setiap menerima laporan pihaknya sering melakukan insfeksi mendadak (Sidak) ke desa dimaksudkan guna mengecek kebenaran dari laporan warga.

‘’Setiap menerima laporan warga kita langsung melakukan sidak, hanya saja ketika rombongan sidak datang oknum bidan selalu berada di tempat,’’ ujar Arson.

Tidak hanya sidak, menurut Arson, pihaknya juga sering melayangkan surat edaran yang ditujukan kepada para oknum bidan nakal, agar tidak pernah meninggalkan tempat pada hari dinas. Kemungkinan adanya oknum bidan jarang ditempat tidak hanya karena oknum bidan tersebut nakal saja. Akan tetapi ada beberapa factor yang juga bisa menjadi penyebab, yakni bidan bersangkutan ikut suami, cuti atau sedang pergi ke kantor dinas ketika ada warga yang ingin berobat.

‘’Memang sudah banyak yang melapor tetapi kita belum menemukan bukti jadi belum bisa memberikan tindakan,” jelasnya.

Selanjutnya, Arson menjelaskan, saat ini sudah mencapai 80 persen Poskesdes telah dibangun dengan fasilitas lengkap, sehingga tidak ada alasan bagi para bidan untuk tidak betah berada di tempat tugasnya. Untuk itu, pihaknya berharap kepada seluruh bidan di Kabupaten OKU Selatan agar disiplin dalam menjalankan tugasnya sebagai pegawai yang digaji pemerintah.(*)

Penulis: Syamsul Fikri (085273231111)

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: